Tuesday 21 November 2017

Dunia Internasional Akui Keselamatan Penerbangan RI Semakin Baik


Sektor Perhubungan Udara Indonesia memperoleh hasil memuaskan setelah dilakukan audit keselamatan penerbangan dalam On Site Visit ICAO Coordinated Validation Mission (ICVM) atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Dalam audit yang dilakukan pada tanggal 10-18 Oktober 2017 lalu, nilai efektivitas implementasi Indonesia mencapai 81,15 persen. Angka ini jauh melampaui nilai hasil di tahun 2016.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyambut baik keberhasilan Indonesia dalam audit Universal Safety Oversight Audit Programme (USOAP) ICAO ini. Menurutnya, hasil audit ini bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia.

"Di sisi lain, perbaikan kinerja perhubungan udara juga akan dapat menunjang konektivitas transportasi di Indonesia lebih baik lagi," ungkapnya di Kementerian Perhubungan, Selasa (21/11).

Perbaikan di sektor udara ini diharapkan dapat mendorong pembangunan yang lebih merata di seluruh Indonesia dan kesejahteraan rakyat Indonesia lebih meningkat.

Sementara itu, Direktur Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso menyatakan bahwa keberhasilan ini menunjukkan kinerja penerbangan Indonesia diakui dengan sangat baik oleh dunia internasional. Terutama dalam hal implementasi aturan-aturan keselamatan penerbangan Internasional yang tercantum standar ICAO.

"Untuk itu saya menyatakan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung sektor penerbangan Indonesia sehingga mencapai hasil yang tinggi tersebut, baik dari kalangan regulator, operator dan masyarakat Indonesia," kata dia.

Untuk diketahui, ICAO telah beberapa kali melakukan audit USOAP pada Indonesia dengan hasil kurang meyakinkan. Pada tahun 2007, hasil audit ICAO hanya compliance 54 persen.

Pada tahun 2014, hasil Audit ICAO justru turun menjadi Compliance 45 persen. Dan, pada tahun 2016 hasilnya naik sedikit menjadi compliance 51 persen (offsite validation). Skor compliance ini masih di bawah rata-rata dunia dengan passing grade 63 persen.

"Apa yang kita capai ini (nilai 81,15 persen) merupakan hasil kerja keras dan kerja sama dari berbagai pihak. Baik itu dari regulator maupun operator penerbangan seperti pengelola bandara, maskapai penerbangan, ground handling, penyelenggara navigasi penerbangan, personil penerbangan dan masyarakat penumpang pesawat udara," ujar Agus.

Agus juga meminta semua pihak yang bergerak di sektor perhubungan udara mempertahankan prestasi yang telah dicapai ini sehingga kualitas penerbangan Indonesia menjadi semakin positif.

Sumber: merdeka.com

No comments:
Write komentar

Blog Archive

Statistics

About Me

authorBUNG AGUS RAMANDA (Ketua) BUNG BASUKI, S.Pd., MM. (Sekretaris)
Learn More →