Saturday 30 December 2017

Jelang Pergantian Tahun Baru, KNPI Asahan dan Organisasi Kepemudaan Asahan Gelar Semarak Kreasi Asahan


Menjelang pergantian tahun, Dewan Perwakilan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Gerakan Mahasiswa Pelajar Asahan.(GMPAH), Sahabat Ikatan Warga Asahan (Sahabat IWA), Gerakan Muda Peduli Seni Budaya Daerah (GMPSBD), Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Asahan dan Polres Asahan menggelar Festival Semarak Kreasi Asahan Tari Serampangduabelas dan Fashion Show tingkat pelajar SD, SMP dan SMA yang berlangsung di Gedung Olahraga Rambate Rata Raya Kisaran, Asahan Sumut, Jumat dan Sabtu 29 dan 30 Desember 2017.

Ketua KNPI Asahan Agus Ramanda didampingi Ketua Umum GMPAH Iwa Risfa Irsan Lubis dan Sekretaris GMPSBD Asahan Khairul Anhar Harahap menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan tarian daerah serampang dua belas kepada generasi muda agar tidak hilang ditelan zaman.


“Acara ini kita laksanakan untuk memperkenalkan tari daerah Melayu yang merupakan tari khas Sumatera Utara. Kenapa kita memperlombakan tari serampang dua belas, karena tarian ini merupakan tari warisan adat Melayu yang jangan sampai punah digeser dengan tarian kreasi. Maka dari itu kami menperlombakannya untuk terus tingkat pelajar” ujar Agus Ramanda.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Asahan Syamsuddin menyatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini selain memperkenalkan tarian khas Melayu juga para pelajar dilatih mental dan keberaniannya untuk peragaan busana dihadapan para juri, undangan dan penonton.

“Kedepan kita akan membuat festival tarian khas Kabupaten Asahan untuk tingkat pelajar se Kabupaten Asahan dan kita usahakan seni tari khas Asahan ini membuat catatan Musium Rekor Indonesia (Muri) dengan jumlah peserta terbanyak. Dan saya berharap kiranya KNPI, GMPAH dan GMPSBD dapat memfasilitasi kegiatan tersebut” ujarnya.
"Dalam hal ini kami berharap pemerintah terus mendukung kegiatan ini. Kemudian para pemenang dalam lomba ini nantinya akan kita bawa ke lomba tari tingkat Propinsi," jelasnya.

Anisa salah seorang peserta lomba saat dikonfirmasi mengatakan sangat berterimakasih sekali kepada paniti yang membuat kegiatan ini. Karena dengan adanya perlombaan ini, dirinya memahami seni tari melayu.

"Syukur sekali ada perlombaan ini, jadi ngerti kita tari melayu. Banyak belajar saya jadinya tentang tari melayu ini," terang Anisa mengaku hampir sebulan belajar menari serampang dua belas ini.

No comments:
Write komentar

Blog Archive

Statistics

About Me

authorBUNG AGUS RAMANDA (Ketua) BUNG BASUKI, S.Pd., MM. (Sekretaris)
Learn More →